Seoea toelisannja Opa kwee soedah pindah ke sini http://tjamboek28.multiply.com/

Thursday, September 15, 2005

Boekoe jang sanget menghebohken


Djoedoel : INDONESIA DALEM API DAN BARA.
LELATOE JANG DJADI LAOETAN API tjetakan taon 1947, Malang
Pencerita : Tjamboek Berdoeri
Kata penganter :Kwee Thiam Tjing.
Prof DR Bennedict O.R.G. Anderson.
Arief Widodo Djati (Aktipis di-yayasan arek Soeroboyo)- Intel Melajoe.
Stanley. - Malang, Tjamboek, dan Jaman peralihan. (epilog)
penerbit : ELKASA, Djakarta. XIII+398 hal 10 bab oentoek Lelatoe jang djadi laoetan api. + 40 foto. + joega 980 tjatetan kaki
Oewe bertjarita tentang seorang warga Indonesia jang menboeat kagum oewe baek itu iapoenya dongengan jang ditjoerat-tjoeret dalem sebuah boekoe jang diberi djoedoel diatas. maap para pembatja kalo terasa kurang pas inipoenja bahasa setjara gado2 ini oewe punja tulisan dikarenaken oewe sanget terpengaroeh atas karangan itoe si tjamboek jang memang betol boeko itu terdiri atas lebi sembilan iapoenya bahasa. nah tuh kan aneh kaga? diseneh oewe kaga mau bertjerita isi bukonja, biar sendiri pembaca terpingkel-pingkel membatjanya itu semoa oewe berani mendjaminnja. jujur saya akoei bahwa si Tjamboek itu sangat pinter bertjarita pengalamannja ditaon-taon panca roba (1938-1947), jang sepertinja soedah takdir hadernya seorang djagoan proza melayu yang terheibat setelah pram dan ini semua saya aminin perkataan peropesor B. Anderson. bahkan kalo penelaian saya sendiri si tjamboek lebih berasa kata2nya disebabkan kata2 terseboet sering saya dengerin dari mama bapa saja diwaktu saya kecil teroetama pada bahasa melayu pasarnja.
si Tjamboek, (OPA) yg dibahasain oleh pak aderson boekanja Enpe, koh, Mas atawa Mbah. Opa adalah sanget pas. ini semoa disebabken si Tjamboek sendiri dari kecil mendapat pengajaran holan spreken boekanja sekolah cina (THHK). tjuman ini semoea tidak menjadikan opa berpihak pada satu golonganpoen apa itu Indonesia, Belanda , Cina(sebage mana kaoemnja) apalagi NIPON. Opa melihat orang bukan dari warna dan mata itu orang melaenkan dari tabeat masing2 orang terseboet, ini terlihat dari seringnya ia mengataken "bootjenli" pada semoea orang jang tak pantes dimatanja sebage manusia yg mau untung sendiri tampa meliat orang laen diroegiken dan itu semoea ditjeritaken di pada masa2 jang sangat pancaroba jang bole djadi setiap generasi blom tentoe mengalami itoe masa dimana dihampir waktoe jang tak terlaloe lama dipamarentah aken 3 toean jang berbeda tjara mamarentahnja (Belanda, NIPON, Repubelik) ( iri rasanja boeat kita2 yg tak mengalami djaman terseboet).
Adoeh.!!!, sesoengohnya saja maoe kasih tahoe resia bahwa saja blom toentas membaca boekoe terseboet baroe 65 persen, cuman soedah enga tahan pengen kasih taoe sobat2 di milis, hal ini aken saja teroeskan ceritanja setjara berkala, djadi saya mohon pembatja djangan tjepet ketjewa akan tulisan ini karena ini baroe prolognja sadja.
1. Saja(mungkin kita semua) harus beterima kasih sama Prof B O.R.G.Anderson jang kalo ia tidak iter-iter dipasar boekoe lowak di Jl Surabaya DJAKARTA jang kemoedian menenoeken seboewah ekssempelar dari "master piece" proza melayu ditaon 1963.
2. baroe setelah 39 taon mendjadi misteri si Tjamboek, soedara Ben Anderson berani mempublikasikan kepada kita-kita ditaon 2004 soepaja karya Opa Tjamboek tidak teroes tertimboen dalam tanah koeboer, jang dimana sang Opa telah wafat 28 Mei 1974 di Djakarta tampa pernah menerbitkan kembali kardjanja.
3. Berbahagialah untuk warga Indonesia (teroetama kota Malang kaoem peranakan thionghwa) bahwa ada diantara mereka seorang djagoan proza sekaligus seorang jurnalies yg handal di djaman pergolakan bangsa Indonesia. tampa sedikitpun tjioet itu iapoenja njali oentoek mengatakan jang benar itoe benar tampa perloe mendjilat dari 3 toean pemarentah disaat itu.
4. Inilah satoe-satoenja boekoe jang membahas kaoem peranakan Tionghwa di Indonesia jang sanget detil di DJAMAN PERGOLAKAN tsb, makanja boeat kaoem moeda peranakan semestinya tidak bisa bilang tidak bangga bahwa seorang dari kaoemnja mendjadi "maestro proza" walapun si tjambuk sendiri mengambarkan setjara gamblang itu tjatjat dari sebagean golongan peranakan tionghwa tampa maloe-maloe, Djoega boeat gol pribumi bahwa di bumi ini (INDONESIA) pernah melahirkan seorang jagoan proza melayu, jujur brani, bersih, tampa pernah mendjeboetken dirinja paling tahoe dan tjinta akan ibu pertiwinja. Lebih dari itu tidak ragoe-ragoe mendjodorkan kebuasan dan kebengisan sebagian orang yang mengatas NAMAKAN IBU PERTIWINJA.
5. satoe lagi jang kaga oemoen dari seboewah buku ini jalah ada 3 kata penganter jang keseloeroehannja berdjumlah 130 haleman ( ben 78, arief 20 stenley 32 haleman) mala dikardja si Tjamboek sendiri ada 980 tjatetan kaki goena mempermoedah pengertian dari kardja si tjamboek itoe.
6. Baru membaca 65 % adja serasa banget bagi oewe bahwa si tjamboek itu berada percis didepan saya sambil bertjerita sambil bergerak-gerak iapoenja badan (terlaloe muja kali oewe ini.! tapi biar itoe kan pendapat dan hak oewe adja). Malah ager lebih terasa kata om Ben buku ini dibatja setjara koempoel-koempoel sobat-sobat jang kemoedian bergantian maseng-maseng 5 atoe 6 haleman bisa terasa mendengarkan orkes (duh ampe segitoenja om ben terhadep kardja si Opa
7. Sekali lagi mohon ma`ap, kalo tulisannja oewe ini ambroel adoel ini semoga pebatja djaman lekas mentjibirkan bibir jah
Gemana kabarnja pembatja? soekor-soekor dah batja itu tulisan oewe mengenai siapa itu si tjamboek jang bukan laen adalah seorang peranakan thionghwa jang sanget beda dari pada tabeat dan kebiasaannya dengan kebanyakan tionghwa laen-laen, didjaman itoe, tuh pembaca bisa boektiken dengan ...... membaca tuh boekoe. hahaha.
menoeroet pendapet saja tuh boekoe dibagi dalem 3 pembahasan jang penuh lika-likoe dramatis diberengin ama hoemor2 seger dari retjep jang ditulis oleh si tjamboek
1. "STADSWACH" (Hansip dalem kota dijaman Belanda) nah dari sini deh toeh lika likoe si tjambuk di moelai, tjuman pembatja moesti buang tuh djaoeh2 angepan hansip di jaman sekarang ini jang kebanjakan mental dan segalanja beda jaoeh dari apa yang dinamaken lelaki.
2. "SANG PETROEK INGKANG DADOS RATOE" kedatengannya soedara toewa.
seorang Tonarigumityo (RT = rukun tetangga) mentjeritakan segalanja dengan detil, djujur tampa berpihak manapoen selain suatoe kewajiban dan tanggoeng djawab jang tjotjok dengan akal sehatnja sebage manoesia.
3. "DJAMINO dan DJOLITENG"...dah pernah denger blom? pembatja yg tertjintrong!!! hehehehe saya djoega baru kali ini tahoe toeh dan denger toeh istilah dari si tjamboek tentoenya. oentoek jang ini sepertinya saya akan bahes terakhir seblom saja tahoe betul toeh istilah tjiptaan si TJAMBOEK sepertinya juga perlu didiskoesiken dengan tjara toeker pendapet oleh temen-temen sekalian .......setoejoe enga yah kiranja ??.
Rasa-rasanya tidak afdol beeng kalo saja tidak memberiken satoe contoh dari masing2 satoe darepada 3 bahasaan terseboet
"STADSWACH" jalah.........Dengan tolak pinggang, officer kita mendongak keatas dan bilang pada saja, jang itoe waktoe berada dideketnya : "ini sergeant, inikita poenja Vliegende forten(benteng terbang). Tjoba kaoe liat, toejoe belas bidji, ja? jang disana itoe ada jagers (Pemburu) jang hendak kasi demonstratie bagaimana moesti buru musoeh !!.
Belon sempet saja maoe manggotien kepala saja sebagai tanda setoejoeh, atawa mendadak pesawat terbang jagers jang didepan tadi djato terdjoengkel dengen kaloerken asep tebal sementara.................. Ini soedah terang boekan oefening, luit ! kata saja pada kita poenja commandant sectie, jang djoega berpaling pada saja dengen warna moekanya berobah mendjadi sangat poetjet. Saja berasa sajapoen moesti keliatan poetjet djoega..........keada`amat kaloet. Prentah jang satoe di boentoetin oleh parentah jang laen........... Mala saja oleh officer terseboet diprentah boeat balikin kraag uniform saja, soepaia steep tembaga saja tida kaliatan. Ia sendiri poen simpen baek-baek iapoenja doewa bintang.
"SANG PETROEK INGKANG DADOS RATOE" jalah ....... Mala keong katanya dagingnya amat baek boeat kesehatan badan, menoeroet pemeriksa`an professor Nipon diTokyo. Dan apa pembatja tida tahoe koelitnya pisang sabenernya ada kandoeng lebi banyak vitaminen dari pisangnya sendiri ?? ini kombali menoeroet pemeriksa`an jang katanyasoedah dilakoeken oleh achli-achli di negeri Dai Nipon.
Tapi selamanya berada disini, saja belon perna liat seorang Djep........... eh salah, pembatja, moestinya seorang toean Nipon jang pernah masak atawa goreng daging keong, atawa gragotin (kata kasar untuk sebutan makan) koelitnya pisang. Hanya jang disantap jalah daging sapi dan daging babi, sementara pisangnya boeat "tjoetji moeloet" ! Pantes jang toeboehnya mendjadi begitoe soeboer dan koelitnya mengkilap tjinklong kaja katja. Masih selamet jang marika tida soeka daging kambing, tjoba tida, bole djadi kita orang tjoema kabagean tandoeknja sadja, jang baek sekali boeat koaetken toelang-toelang kita agar diserang penjakit linoe. kombali menoeroet recept Tokyo..........
oentoek bahasan "DJAMINO dan DJOLITENG" enti aja disitoe saja brani djamin pembatja bermoela akan terpingkel-pingkel itoe peroet, mesti achirnya gemes dan meloewapken amarah sambil teroes meneroes usapken itoe dada meliat tabeat itoe "DJAMINO dan DJOLITENG" dibagen achir tulisan oewe.
sekian dolo yah tabe lagi dari saya Awiemasih bersamboeng............................................ampe paham betoel jenisnya tuh si tjamboek hingga terongkap nama aslinya
Kombali si Tjamboek meletjoetken tuh poetloodnja jang ditoejoehken ke pembatja jang soekoer-soekoer beloem pada moemoet aken doengeng ini. dalem boekoe Indonesia dalem api dan bara.
seblom saja landjoetken tjerita di bagean katiga ini saja maoe oetjapken kemardikaan bangsa Indonesia jang akan selalu diinget aken riwajat dalem sedjarah jalah tanggal 17 Augustus 1945.
Dimana kemudian timboel soeatu istilah "DJAMINO dan DJOLITENG" jang menoeroet si Tjamboek diIndonesia terdapat 2 aliran DJAMINO dan DJOLITENG jang satoe gepeupel (jelata) jang laen gespuis(bajingan) ( lebih tegesnya pembatja koedoe batja boekoenja jah.... itoeng-itoeng promosi).
............warna koelit bisa laen, romannja bisa laen, bahasa bisa laen, joega tida mandang sama sekali statoes, tapi bathinnya djamino dan djoliteng tetep sama. di Tiongkok, Nederland, Perancis,djerman, rusia, amerika, tegesnya ditiap-tiap negeri dan bangsa moesti terdapet djamino dan djoliteng begitoe.......
Bahkan di perancis djamino dan djoliteng sampe memenggal batang leher radja dan itoe poenja permisoerinja, tjuman kadang waktoe djamino dan djoliteng bisa berbuat kekanak-kanakan (kindervoorstelling) maoe boekti liat si tjamboek berkisah lagi neh :
..................sekoempoelan djamino dan djoliteng zonder kelas, zonder Toehan, zonder pondokan mengadoek-adoek koeboeran Belanda, mala batoe marmernya koeboeran toeroet didjoegil.......... Belakangan, di sala satoe toekang rombeng jang dasarken barang-barangnya dipinggir djalanan diTongan, saja ketemoeken batoe marmer begitoe, di atas mana dengen teges masih bisa dibatja Hier rust zacht en kalm (disini beristirahat dengan tenang) enz. Waktoe saja tanja , boeat apa batoe bongpay begitoe didjoeal, djawabnja si boeng toekang rombeng, itoe batoe marmer toch bisa digoenaken sebage medja. Djadi ada harepan, djika mertamoe diroemahnja jang bakal beli itoe marmer dan ia, selagi doedoek dipinggirnja medja, mengintjeng dibawahnya, nanti itoe tetamoe bisa batja Hier rust zacht en kalm ......... iapoenja tjankir koffie, koewee dan laen-laen soegoehan dari toean roemah.............
Ini semua belom seberapa kalau pembatja membeli toeh boekoe, gemana toeh djamino dan djoliteng mengasak gigi emas dari batoek kepala majit tionghowa hingga kain kafan majit orang Indonesia jang paginja dikoeboer maklum dah abis jaman si petroek berlalu pakean penutoep toeboehpoen susah didapet. semoea kebiadaban2 djamino dan djoliteng itoe tjoeman kita bisa oesap2 dada sadja walau diakhir boekoe ini sanget memilukan dan horor jang dipertontonken itoe djamino dan djoliteng.
Demikian sekelumit tentang djamino dan djoliteng. seblom oewe lanjoetken tjerita ini oewe akan memboeka soatoe resia pada pembatja jang kiranja pembatja soedah mendoega-doega nama asli tokoh begundal kita ini jang memake nama si tjamboek berdoeri tida laen tidak bukan jalah seorang sergent STADSWACH dimasa petroek belom daeng, seorang Tonarigumityo dimasa petroek hingga awal2 repolusi meledos bernama KWEE THIAM TJING seorang peranakan tionghwa jang lahir 9 Februari 1900 ( bintangnya Aquarius sama ama Pram 6 feb dan oewe 28 jan) jang diberi gelar "OPA" oleh Prof DR Bennedict O.R.G. Anderson.
Rasanya kurang seimbang kalau saja berkisah tentang si Tjamboek melulu, untuk selanjutnya saya akan bertjerita :
1. Kenapa saja mengunakan toeh bhs jang mungkin dari sebagian orang mentjibirkan.
2. Pandengan Opa ttg buku kebanggannya, ttg orang Belanda, Djepang, priboemi (Iindonesia) sampai pada pandangan kaoemnja sendiri djakni para cina baek jang totok maupoen yg peranakan umumnya, dan khususnya di jawa timur hingga sedetil2nya yg kata prof anderson belon ada yg mengupas begitoe detil (bahkan seorang poedjangga besar sekelas Pram poen belon pernah, kata om Ben toeh).
3. Pengalaman dan pandangan seorang Bennedict O.R.G. Anderson yang seoemoer hidoepnya belon pernah berjoempa dengen "Opa-nja" itu dari menemoeken mahligai terpendam hingga mendjadikan seboewah boekoe jang dapat dibatja oleh doenia, Indonesia, khususnja para pemoeda2 tionghwa oentoek seteroesnja mengingat bahwa pendahoeloe-pendahoeloenja begitoe gigih dan oelet....
ini terlihat jelas pada hal 77-78 yakni :.............pandangan opa Kwee mentjakoep semoeanja (boekan hanja tionghwa, belanda dan indonesia saja) .............Opa membatasi gelanggang tjeritanja pada kota2 soerabadja khoesoesnya Malang dimana soeatoe kehidoepan sehari-hari pada masa jang sanget genting itoe bisa diamati dan digambarkan secara kongkrit dan meyakinkan. karena itoe tjeritanja selalu sangat hidoep. Dia (OPA) tidak berpretensi sebage seorang teoriticoes, tidak sebagai orang jang banjak taoe tentang revoloesi Indonesia atawa masa Djepang sebagai masing2 satoe gejala yang dengan gampang digeneralisasikan. Dia(OPA) hanya melukiskan apa yang ia sendiri liat dan dengar, dengan mata dan kuping yang tak terkalahkan tajamnya dan joejoernja.
4. Akan saya kisahkan seorang OPA Kwee yg pandai bercerita hingga kita tertawa senang ternyata mampu menguras air mata para pembaca, bahkan akan saya cerita sindiran2 segar OPA, hingga cerita HORROR yang sangat mencekam, yg diakhiri oleh buah pikiran yang sangat "wise Man" menurut saya loh. semua akan saya kisahkan, buat yang udah nga tahan segera cari tuh buku ampe dapet walau harganya cukup menguras kantong nga apalah.
Nb : Akan saya lampirkan poto2 OPA dan kota malang
jika sempet diseken dan Berlanjut ke jilid 4 (jilid pamungkasnya)
salam dari saya Awie.

No comments: