Seoea toelisannja Opa kwee soedah pindah ke sini http://tjamboek28.multiply.com/

Monday, November 14, 2005

Gerak-Djalan N.I.A.U. (II-TAMAT)


(II)
Tetapi saja masih bisa tindas itoe semoea dan achirnja sampe djoega stadswacht seloeroehnja jang ambil bagean masoek di Sawahan. Tida ada satoepoen jang mangkir.
Soal mati hidoep kita memang tjoema Toehan satoe jang tahoe. Baroe ketika sampe di Sawahan kita diberi warta bahwa kapten kita (ia jang tadinja koreksi tjara saja panggoel senapan waktoe "over geweer") ditengah djalan ia mendadak djatoh dan teroes meninggal doenia karena serangan djantoeng. Diesoknja kita semoea toeroet hantar djenasahnja ke koeboeran Kembang Koening sebage tanda menghormat boeat penghabisan kali.
Dihari saptoe jang kedoea kita semoea datang lagi dengen tida ada satoe jang mangkir kendati disepandjang minggoe itoe kaki penoeh dengen loeka2. Begitoe djoega jang 20, 25 dan 30 KM. Kita "makan" sambil laloe. Tjoema perstege mars masih dirasakan berat djoega. Dalem satoe djam kita haroes tempoeh djarak paling sedikit 7 KM. Dengen dipotong beristirahat hanja satoe kali 10 menit. Marineirs didepan kita benar2 djempol; tindakannja tetep lebar dan tjepat; tetapi kitapoen tak maoe kalah. Sehabis NIAU wandelmars pada kita semoea jang toeroet ambil bagian dari semoela sampe achir, diberiken medali peroenggoe boeat kenangan.
Itoe waktoe saja tinggal di djalan Boklan. Meliat soekses stadswacht, orang2 LBD (lucht beschermings Dinest , dinas pendjagaan bila ada serangan oedara) dari lingkoengan saja , termasoek Gembong sawah, Kapasan, Simolawang dan Kendjeran pada minta adaken djoega wandelnmars begitoe. Saja hendak tanja dahoeloe pada letnan stadswacht; ia tida keberatan dan perbolehkan djoega saja pimpin itoe dengen pake Uniform. Begitoelah sesoedah dalem satoe rapat saja terangken bagaimana wandelmars haroes diadakan, kita pilih satoe hari saptoe sore boeat moelai berangkat dari pos polisi dari djalan Kapasan. Anggota2 LBD tida dapat Uniform, paling banjak dikasih pindjam topi helm dari badja. Dan di saptoe sore itoe mereka pada berkoempoel didepan pos polisi dengen pake pakeannja sendiri. Malah ada djoega jang pake saroeng atawa pijama. Tetapi semoea pake sepatoe atawa sandal, tegasnja tida boleh ada jang toeroet ambil bagean dengen kaki telandjang.
Dengen pake Uniform (tentoe sadja zonder ransel dan senapan) saja hadepin barisan LBD seperti djoega saja seorang djendral preksa barisan. Saja terangkan haroes bertindak berbaren dan sama dalem barisan dari 4 orang; selagi baris tida boleh betjanda, riboet atawa bertereak (makloem, ini ada orang2 preman, belon pernah mendengar disiplin, kata saja dalem hati) dan siapa jang sekiranja tida tahan ikoet berbaris lebih lama, ia merdeka boeat keloear dan boleh poelang tetapi atas resiko sendiri. Jang datang ada banjak djoega, lebi banjak dari apa jang saja doega semoela. Dan begitoe sesoedah saja atoer mereka berdiri berempat, barisan kita ternjata koerang lebi ada 100 orang semoea Indonesia dan Tionghoa.
Karena di wijk kami memnag tida ada tinggal keloearga Belanda. Atas treakan saja...."Geef acht........! mereka berdiri lempang. Disoesoel poela oleh ....."voorwaarts... marsch....! dan selandjoetnja .....links... twee....,drie....vier......& links.. twee....,drie....vier.....kita moelai djalan. Dizaman pendjadjahan belon ada itoe toe... wa.... ga...pat, seperti dizaman repoeloesi. Kita moelai berangkat pada poekoel 5 sore dan ambil djoeroesan Kapasan, Kapasari, Ngaglik, Tambaksari; Goebeng, Soematerasraat teroes sampe kebon binatang, disana balik lewat pasar kembang, Sawahan via djalan Ardjoeno ke djalan Gresik, menoedjoe tandjoeng Perak, poetar lagi biloek Djembatan Gantoeng (Ferwerda brug), Ampel, Panggoeng, Kembang Djepoen, Tjantian, kombali Kapasan lagi.
Pembatja di Soerabaia bisa kira2 sendiri berapa djaoeh perdjalanan itoe. Dan dilakoeken dengen pas militer, zonder mengaso, tjoema sampe pasar kembang berenti sebentar. Minoem boleh berdaja sendiri karena LBD tida bisa sedia apa2. baroe sampe wijk Goebeng soedah moelai ada jang keloear barisan. Mereka tida tahan disoeroeh djalan menoeroet tempo links ..twee .. drie.. vier. Dari bermoela saja djalan paling depan seperti lajaknja satoe kepala, boekan? Sampe Pasar Kembang dan selagi berenti boeat 10 menit, saja didatengin oleh menantoe dari wijk meester Boklan jang saja tentoe sadja kenal baik.
Orangnja masih moeda, tetapi badannja gemoek sekali, teroetama peroetnja seperti orang mengandoeng lewat boelan. Dengen badan penoeh keringet dan napas sengal-sengal ia menghadep saja seraja bilang : "..kalaoe badan owe masih koeat, `nko, tetapi peroet owe jang pajah.......! kata ia sembari pegangin peroetnja jang besarnja loear biasa. Saja soeroeh ia lekas ambil betjak boeat poelang. Saja koeatir djoega meliat aer moekanja rada poetjat begitoe. Kamoedian kita landjoetken perdjalanan. Selagi berenti saja liat banjak djoega jang tenteng sadja sandal, kasoet tennis atawa sepatoenja.
Terlaloe panas, lebi dingin kaki telandjang, kata mereka atas pertanjaan saja. Saja sendiri pajah djoega hendak berlaga seolah-olah masih seger dan anggep perdjalanan jang tjoema sebegitoe seperti ah.......! tida ada artinja sama sekali ! Saja tetep djalan didepan, kapan boentoetnja masih hidoep masa kepalanja soedah dood?
Ketika sisa barisan saja lewat Panggoeng dan moelai masoek Kembang Djepoen dengan Kapasan toedjoean achir telah keliatan didepan mata, kombali sifat sombong saja moentjoel lagi.
Bagaimana ......?
Apa soedah tjapai ama maoe teroes lagi ......? tanja saja pada seorang Tionghoa jang datang dari Tiongkok baroe satoe taon berselang dan bitjaranjapoen masih pelat (pelo). Ia ini memang dari bermoela soedah djalan persies disebelah saja. Orangnja tida begitoe tinggi dan potongan badannja ketjil sadja. Saja tadinja kira ia maoe sesembatan; tida taoenja dengen soeara gembira ia djawab : ".....Titak...!.....Titak....! Teloos....., Teloos sadja!"
Boesjet...... dasar tjina `ndah poenja oedel ! maki saja dalem hati. (TAMAT)

No comments: