Seoea toelisannja Opa kwee soedah pindah ke sini http://tjamboek28.multiply.com/

Monday, November 07, 2005

"Sini" CONTRA "Sana"

INDONESIA RAYA
Kwee Thiam Tjing bertjerita
"Sini" Contra "Sana"
(I)
Sedari taon 1932 di Soerabaia didiriken Partai Tionghoa Indonesia (P.T.I.) perhoeboengan dengen P.B.I. (Persatoean Bangsa Indonesia), partainja Dr Soetomo, makin lama makin erat. Djoega ketika PBI, dengen masoeknja Boedi Oetomo, dirobah mendjadi PARINDA (Partai Indonesia Raja) hoeboengan dan bekerdjasama itoe keliatan lebi njata lagi. Makin njata adanja itoe tjara bekerdja sama2, makin djelek tjap jang kita dapet dari pihak Belanda ploes koran2nja. Oproekraaiers, onmiststokers, belhamels dll predicaat jang bikin kami, orang2 dari PTI berada lebi djaoeh lagi dari garis orang2 jang ada harepan bisa dianoegrahi bintang kesetiaan dan kehormatan di hari oelang taon sri baginda Ratoe Wilhelmina.
Tapi, ja apa boleh boeat satoe kali dalem hidoep manoesia ia haroes pilih toedjoean hidoepnja. Tjoema saja bisa terangken sikap saja boekan bentji Kandjeng Goebernemen, poen boekan saja bentji orang2 Belanda, tetapi jang kami tentang sedapat-dapatnja jalah adanja itoe perbedaan perlakoean antara jang masoek golongan Eropa dan jang disempitkan dalem golongan Inlander. Dalam rapat oemoem jang diadaken digedong Nasional Indonesia (GNI) di Boeboetan Soerabaia saja sebage wakil PTI terangken dengen tandes bahwa saja ini orang Indonesia ketoeroenan Tionghoa.
Dan toedjoean kami jang teroetama jalah tjoba hilangken itoe gandjelan. Itoe struikeblok jang menghambat kami dalem perdjoeangan mentjapai persamaan hak, persamaan perlakoean dalem lingkoengan oendang2 dalem negeri, agar achirnja bisa kami semoea membangoen satoe masjarakat jang bahagia, makmoer dan beroentoeng di Negara Indonesia jang raja, bila tida diperbolehkan bilang Indonesia MERDEKA! Bitjara sampe disini saja dikasih denger ketokan peringetan dari medja PID (politieke inlichtingen dienst) bagean penerangan oeroesan politik dari pamerentah Hindia Belanda, badan mana memang selaloe mesti ada bila diadaken rapat oemoem, apalagi rapat terboeka (openlucht). Sobat saja jang rapet almarhoem Soekandar waktoe itoe mendjadi mentri polisi bagean PID. Saja taoe ia melakoeken koewadjibannja boeat ketok pembitjara siapa sadja jang goenaken perkataan Indonesia merdeka dalem njanjian Indonesia raja diganti dengen Indonesia raja. Kami semoea taoe , Soekandar "ambtshalve" karena djabatannja, haroes maen ketok ketok begitoe, kendati dalem hati ia djoega ada satoe Nasionalis jang toelen. Bagaimana menjakitkan hati adanja itoe perbedaan antara si Belanda dan si Inlander bisa dibajangken ketika sebage radactoer Soera Poeblik di Soerabaia. Saja dengen pake pakean hoekoeman pendjara, telandjang kaki dan di borgol haroes djalan kaki dari pendjara Kalisosok ke Landraad di Sawahan. Samentara satoe sinjo Krembangan, golongan Belanda Indo diangkoet dengen mobil tertoetoep ke Raad van Justitie dengen pakean preman dan dikasih slop, ini anak Belanda Godong (istilah boeat Belanda Indo) tjoeri sepeda.
Pada waktoe, kami dari PTI adaken "mement actie" (asksi berbarengan dalem waktoe sama) dan diadaken diberbage-bage tempat. Pembatja bisa bajangankan bagaimana repotnja keadaan di hoofbureau politie (markas besar polisi) di Soerabaia itoe waktoe disembilan tempat jang terpentjar (ada jang di GNI, di Ampel, wijk Arab, di Kalianjar wetan, Kedongdoro dll) ada openbare vergadering, rapat oemoem, dan jang berbitjara boekan dari PTI sadja, tetapi dibantoe oleh kawan2 dari PARINDA, dari Partai Arab Indonesia (Alamoedi, Baswadan), dari NU dll. Boeat adaken rapat oemoem begitoe kami hanja tjoema terima 3 hari dimoeka lapor pada polisi. Kalaoe boeat rapat terboeka (openlucht) satoe boelan dimoeka. Oentoek tolak permintaan kami, tida ada alesan polisi toch tida bisa bilang kekoerangan pedjabat PID, jang di tjap rapat biasanja diwakilin oleh 3 orang, djadi dalem moment aksi disembilan tempat haroes ada 9 kali 3 sama dengen 27 orang! Dan ditaon 1932 djoemlah polisi terbatas. Kenangan masa perdjoeangan begitoe sehingga sekarang masih bisa kasih perasaan hangat dalem dada. Perasaan hangat begitoe katanja ada baik djoega boeat orang jang soedah masoek golongan "soedah ada oemoer" itoe boekan soal, tergantoeng pada diri kita sendiri. Von Hindeburg dalem oesia 85 taon masih naek koeda dan preksa barisan.
Di Soerabaia ditaon 1932 Soerabajasche Voetbal Bond (SVB) perserikatan koempoelan sepak bola Belanda (dalem mana termasoek djoega Tionghoa dengan ia poenja anggota2 pengoeroes jang oemoemnja terdiri dari pemoeka2 Chung Hua Hui betoel2 sedang djaja-djajanja.

No comments: